SABILULUNGAN RAKSA DESA


Gotong royong adalah salah satu wujud kerukunan paling nyata antar masyarakat. Ketika ada satu masalah, seluruh lapisan masyarakat, kaya atau miskin, berjuang bersama-sama dalam satu semangat untuk menyelesaikan masalah tersebut. Gotong royong juga adalah wujud soliditas masyarakat atau kalau dalam bahasa jawa keguyuban yang terjadi diantara warga. Bahwa ada kebersamaan yang terjalin secara suka rela dan ikhlas, tanpa perlu meminta pamrih, bekerja bersama tanpa mempermasalahkan status sosial.

Namun, bisa jadi indahnya gotong royong tinggal menjadi kenangan. Era modern dan globalisasi yang meniupkan semangat individualisme serta kapitalisme menghancurkan budaya ini sedikit demi sedikit. Orang lebih suka untuk mengeluarkan uang guna membayar pekerja ketimbang mengeluarkan tenaga bekerja bersama-sama dengan yang lainnya. Benarkah telah terjadi evolusi dalam masyarakat kita,  masyarakat sederhana yang dulunya mempunyai hubungan yang erat dan kooperatif, berubah menjadi tipe masyarakat besar yang memiliki hubungan yang terspesialisasi dan impersonal?

Untuk itu, mari kita bersama-sama   menjaga Budaya warisan leluhur kita dan Gotong Royong membangun Desa Nengkelan ini, “da lamun lain ku urang dek kusaha”..

Iklan

Posted on Agustus 11, 2012, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: